Selasa, 09 Desember 2014

Rangkuman Perkuliahan Konsep Teknologi semester 3



1.       Definisi Konsep dan Teknologi

a.       Konsep
·         Konsep adalah rancangan .
·         Konsep adalah ide atau pengertian yang diabstraksikan dari peristiwa konkret .
b.      Tejnologi
·         Teknologi adalah kemampuan teknis yang berlandaskan ilmu eksakta ,yang berdasarkan proses teknis.



Contoh konsep dan teknologi




2.       Pasar

a.       Masalah
Dewasa ini terjadi sangat perkembangan perangkat komunikasi sangat pesat khususnya dalam hal sistem operasi. Persaingan yang paling ketat adalah antara android ,iOS dan windows.



b.      Tujuan
Dengan persaingan pasar diatas ,diharapkan teknologi semakin terus berkembang dan bisa membantu segala kebutuhan dalam hal berkomunikasi dan mencari informasi .

c.       Persaingan pasar di bidang system operasi

·         Android
Sistem operasi besutan Google ini menguasai pangsa pasar 75 persen dari total penjualan global ponsel pintar.Pengguna ponsel berbasis Android telah menyebar ke seluruh        dunia.
Kesuksesan Android didorong oleh rilis perangkat kategori high end, seperti Galaxy S5 dan berbagai ponsel Android yang dibanderol dengan harga terjangkau.

·         Iphone/iOS
pangsa ponsel pintar Apple, iPhone mengalami penurunan dari 23 persen pada kuartal 1 2012 menjadi 18 persen pada kuartal 1 2013.
 Pertumbuhan lambat iPhone didorong oleh peningkatan siklus penjualan mengingat target pasar mulai jenuh. 

·         Windowsphone
Sedangkan BlackBerry dan Windows Phone, hanya meraih pangsa sisa dari Android dan iPhone. BlackBerry tragisnya tertinggal dengan Windows Phone dalam pangsa pasar per kuartal 1 2013.  Pangsa Windows Phone meraih 3,5 persen dan BlackBerry hanya mendapatkan 3 persen.
Microsoft telah mengamati bagaimana Android telah berkembang begitu cepat ,melihat semua ini, Microsoft mengelurkan kebijakan baru yg bertujuan agar produsen membuat hardware murah berbasis Windows smartphone, tablet, dan PC.



Android ,iOS dan windows



3.       Testing Black Box dan White Box

a.       Black Box Testing
Black box testing adalah pengujian yang dilakukan dengan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Jadi dianalogikan seperti kita melihat suatu kotak hitam, kita hanya bisa melihat penampilan luarnya saja, tanpa tau ada apa dibalik bungkus hitam nya. Sama seperti pengujian black box, mengevaluasi hanya dari tampilan luarnya(interface nya) , fungsionalitasnya.tanpa mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi dalam proses detailnya (hanya mengetahui input dan output).

b.      White Box Testing
White box testing adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detail perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. Secara sekilas dapat diambil kesimpulan white box testing merupakan petunjuk untuk mendapatkan program yang benar secara 100%.

4.       Maturity produk (Daur Hidup Produk)

a.       Tahap Perkenalan (introduction)
                Dalam  tahap  ini  produk  belum  dikenal  oleh  konsumen  sehingga  harus  dipromosikan. Pertumbuhan hasil penjualannya akan sangat lambat.
b.      Tahap pertumbuhan (growth)
                Dalam tahap ini produk mulai dikenal konsumen dan mengalami kenaikan volume
                penjualan.
c.       Tahap kedewasaan (maturity)
                Dalam  tahap  ini,  penjualan  mencapai  titik  tertinggi  dan  persaingan  juga
                meningkat.
d.       Tahap penurunan (decline)
                Pada  tahap  ini  penjualan  mengalami  penurunan  karena  produk  tersebut  sampai titik jenuh.






5.       Teori Ruang dan Waktu

a.       Konsepsi Dimensi
Dalam fisika dan matematika, dimensi dari suatu ruang atau obyek secara informal diartikan sebagai jumlah minimal koordinat yang dibutuhkan untuk menentukan titik-titik yang ada di dalamnya.Jadi, sebuah garis memiliki dimensi karena hanya satu koordinat yang dibutuhkan untuk menentukan suatu titik di permukaannya (misalnya titik di garis angka 5). Permukaan seperti bidang atau permukaan suatu tabung atau sfer memiliki dimensi keduanya karena dibutuhkan dua koordinat untuk menentukan titik pada permukaannya (misalnya untuk menentukan titik di permukaan dibutuhkan lintang dan bujurnya). Bagian dalam kubus, tabung atau sfer bersifat tiga dimensi karena dibutuhkan tiga koordinat untuk menentukan suatu titik di dalam ruangnya.

b.      Konsepsi Waktu
Dalam istilah fisika, dimensi merujuk pada struktur konstituen dari semua ruang (volum) dan posisinya dalam waktu (dipersepsikan sebagai dimensi skalar di sepanjang sumbu t), serta cakupan spasial obyek-obyek di dalamnya – struktur yang memiliki korelasi dengan konsep partikel dan medan yang berinteraksi sesuai relativitas massa dan pada dasarnya bersifat matematis. Sumbu ini atau sumbu lainnya dapat diarahkan untuk mengidentifikasi suatu titik atau struktur dalam tanggapan dan hubungannya terhadap obyek lain. Teori fisika yang mencakup unsur waktu (misalnya relativitas umum) dianggap terjadi dalam "ruang waktu" empat dimensi yang didefinisikan sebagai ruang Minkowski). Teori modern cenderung lebih "berdimensi tinggi", termasuk teori medan kuantum dan string. Ruang tetap mekanika kuantum adalah ruang fungsi berdimensi tidak terbatas.

Contoh kasus teori ruang dan waktu di bidang teknologi
1.       Seorang murid sekolah sedang mengerjakan tugas yang mengharuskan memakai fasilitas internet (chat bersama rekan-rekan lain di seluruh penjuru dunia).
2.       Setiap hari, hampir 90% waktu para businessman dihabiskan di jalan dan menghadiri
pertemuan atau rapat penting di beberapa tempat. Bagi mereka, waktu satu menit sangat
berharga sehingga banyak sekali hal yang dialami secara paralel, terutama dalam
berkomunikasi. Untuk hal tersebut, yang diperlukan adalah alat komunikasi portabel yang
bisa mengakomodasikan seluruh kebutuhan, termasuk mengirim dan menerima email dan
fax, baik dalam bentuk teks, suara, maupun gambar (atau bahkan video).

Kasus murid dan businessman di atas adalah fenomena terkini yang terjadi di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara besar di kawasan Eropa dan Asia ,Jika dianalisa lebih lanjut, dapat dilihat bahwa teori Ruang dan Waktu saat ini berhubungan dengan teknologi ,teknologi yang dibutuhkan adalah teknologi yang “all-in-one device”, atau sebuah peralatan yang memiliki multi fungsi (generalist).




Referensi :

1.       Perkuliahan Mata Kuliah Konsep Teknologi Prodi Pendidikan Ilmu Komputer kelas B 2013
3.       Budi.staf.upi.edu




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Computer - Science - Education | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑